x

News

  • Tak Hanya Mawar, 4 Jenis Bunga Ini Juga Bisa Kamu Gunakan untuk Dekorasi Pernikahan

    Posted on by Varel Marentama

    \
    Photo Credit: Pexels

    Di hari pernikahan yang begitu spesial, kamu tentu ingin segala sesuatunya berlangsung sempurna. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah dekorasi ruangan. Dekorasi ruangan yang tepat dapat meningkatkan mood para tamu. Untuk itu, kamu bisa memasang bunga-bunga segar di berbagai sudut ruangan pernikahan. Tidak hanya terlihat cantik, bunga-bunga ini juga biasanya memiliki aroma yang harum.

    Nah, pada banyak pernikahan, mawar menjadi bunga yang paling sering digunakan untuk dekorasi. Tentu saja tidak ada yang salah dengan hal ini. Namun, apabila kamu ingin dekorasi pernikahan yang agak berbeda, berikut rekomendasi beberapa bunga yang tidak kalah indah dari mawar.

    Tulip

    Kalau kamu ingin dekorasi pernikahan menggunakan bunga warna-warni tetapi bosan dengan mawar, tulip sangat cocok jadi alternatif pilihan. Sama seperti mawar, tulip juga hadir dalam beragam shade warna, mulai dari yang bold seperti merah, oranye, magenta, dan ungu hingga warna pastel seperti peach, merah mudah, dan kuning.

    Kabar baiknya lagi, tulip mudah ditemukan di berbagai musim. Bentuknya yang cenderung menyerupai kuncup membuat tulip cocok digunakan untuk dekorasi pernikahan bernuansa formal maupun kasual. Kamu bisa menggunakan tulip sebagai buket atau hiasan di atas meja. Beberapa jenis tulip yang sering digunakan untuk dekorasi pernikahan adalah tulip Belanda dan Prancis.

    Anggrek

    Bagi yang hendak mengadakan pernikahan di area outdoor pada musim kemarau, anggrek adalah pilihan bunga yang cocok untuk dekorasimu. Pasalnya, anggrek merupakan bunga yang justru tumbuh dengan baik di suhu panas. Bahkan jika diletakkan di vas bunga, anggrek bisa bertahan selama 14-21 hari! Sebaliknya, jika diletakkan pada suhu dingin, bunga anggrek justru bisa lebih cepat mati.

    Kebanyakan orang yang menggunakan anggrek untuk dekorasi pernikahan biasanya memasang bunga tersebut sebagai hiasan, misalnya diikat pada tiang atau ditempel di dinding. Namun, kamu juga bisa merangkai anggrek menjadi sebuah buket bunga yang cantik. Pastikan saja kamu memilih anggrek dengan kelopak paling segar.

    Peony

    Ciri khas dari bunga peony adalah kelopaknya yang terlihat begitu bervolume. Warnanya pun cenderung terang dan memiliki aroma yang cukup wangi. Karena karakteristiknya tersebut, peony pun cocok digunakan untuk dekorasi pernikahan maupun buket pengantin.

    Setidaknya ada dua jenis bunga peony yang biasa digunakan, yaitu herbaceous dan tree. Namun, untuk menggunakan peony sebagai dekorasi pernikahan dibutuhkan bujet yang tidak sedikit karena memang bunga ini dikenal cukup mahal. Nah, idealnya bunga peony tumbuh pada akhir musim semi hingga awal musim panas, tetapi bisa jug

    Anyelir

    Tidak dapat dipungkiri bahwa dekorasi menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar pada acara pernikahan. Kabar baiknya, kamu bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan anyelir. Bunga satu ini tidak hanya mudah didapatkan, tapi juga relatif murah dan tahan lama. Jika ditaruh di dalam vas, anyelir bisa bertahan hingga mencapai 2-3 minggu.

    Kamu bisa menggunakan anyelir berwarna soft pink atau peach untuk dekorasi pernikahanmu. Dengan lapisan kelopak yang cukup bervolume, anyelir cocok digunakan baik untuk dekorasi di dinding, kursi, pajangan di meja, hingga buket untuk dibawa pengantin. Kamu juga bisa memadukan anyelir dengan kelopak mawar berukuran kecil untuk mempercantik dekorasi.

     

    Dari daftar bunga di atas, mana yang akan kamu pilih untuk mempercantik dekorasi acara pernikahanmu? Apa pun pilihannya, kamu bisa mendapatkan bunga tersebut di Flower Chimp, layanan penyedia beragam jenis bunga secara online. Kamu hanya perlu membuka situs flowerchimp.co.id dan cari bunga berdasarkan jenis atau tujuan pemberiannya. Mudah dan praktis!

     

    Read more

  • Menarik, 6 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya!

    Posted on by Varel Marentama

    Mawar menjadi salah satu jenis bunga paling populer yang biasanya diberikan sebagai hadiah untuk orang tersayang. Apakah kamu juga berniat untuk memberikan mawar kepada orang lain dalam waktu dekat? Nah, kamu tidak boleh melakukannya secara asal. Setiap warna mawar ternyata memiliki makna sendiri. Jadi, jangan sampai kamu salah memberi mawar hanya karena kurang mengetahui arti di balik warnanya.

    Mawar merah

    Dari berbagai warna mawar yang tersedia, warna merah inilah yang umumnya paling sering ditemukan. Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa banyak orang memberikan mawar merah kepada pasangannya, baik istri atau pacar. Itu karena mawar merah memang menyimbolkan cinta dan identik dengan keromantisan. Jadi, dengan memberikan mawar merah, secara tidak langsung kamu sudah mengutarakan “I love you”.

    Mawar merah muda

    Ada dua jenis warna merah muda pada mawar, yaitu dark pink dan light pink. Umumnya, mawar merah muda identik dengan hal-hal yang manis serta melambangkan kelembutan. Namun, mawar dark pink biasanya diberikan untuk menunjukkan rasa syukur atau terima kasih kepada seseorang. Sedangkan, mawar light pink cenderung identik dengan cinta dan kelembutan. Itulah kenapa bunga ini juga cukup sering digunakan sebagai bagian dekorasi pernikahan.

    Mawar putih

    Pada dasarnya, warna putih selalu diasosiasikan dengan kedamaian, kesucian, dan kemurnian. Makna itu jugalah yang melekat pada mawar putih. Saat kamu memberikan mawar putih kepada seseorang, mawar putih menjadi lambang dari cinta sejati kamu. Biasanya, mawar putih digunakan oleh pria sebagai hadiah untuk melamar wanita. Mawar putih menjadi simbol untuk melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius lagi, yaitu pernikahan.

    Mawar kuning

    Siapa bilang mawar hanya bisa dijadikan sebagai hadiah untuk pasangan atau digunakan dalam situasi romantis? Kamu juga bisa kok memberikan mawar kepada teman dekat atau sahabat. Mawar yang cocok untuk hal tersebut adalah mawar kuning. Warna kuning identik dengan hal-hal berbau ceria dan riang sehingga cocok mewakilkan sebuah hubungan persahabatan. Kamu bisa memberikan mawar kuning kepada sahabat saat ia ulang tahun atau ketika ia wisuda.

    Mawar oranye

    Oranye merupakan hasil campuran dari warna merah dan kuning sehingga sering kali dikaitkan dengan antusiasme. Mawar oranye pun menyimpan makna yang tak jauh dari itu, yaitu menggambarkan kehangatan cinta seseorang sekaligus menjadi simbol semangat. Selain mawar kuning, kamu juga bisa memberikan mawar oranye ini kepada sahabat atau teman dekatmu sebagai hadiah. Gunakan mawar oranye sebagai ucapan terima kasih atas waktu-waktu yang sudah kalian habiskan bersama.

    Mawar peach

    Sekilas, mawar warna peach memang terlihat mirip dengan oranye. Bedanya, mawar warna peach memiliki shade yang lebih muda dan cenderung kalem. Bisa dibilang mawar peach menjadi bunga yang serbaguna karena cocok diberikan di banyak suasana. Hal ini tentu tidak terlepas dari makna bunga peach yang kerap diartikan sebagai lambang setia, persahabatan, dan kekeluargaan. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk acara keluarga atau diberikan ke teman saat acara kelulusan.

    mawar toko bunga

    Jadi, jangan sampai niat baikmu memberi bunga jadi disalahartikan karena makna yang keliru. Pastikan kamu memilih bunga mawar dengan warna yang tepat sebelum kamu memberikannya kepada orang tersayang. Tidak perlu bingung dan repot, kamu bisa menemukan mawar yang tepat di Flower Chimp, jasa penyedia bunga secara online. Mulai dari bouquet hingga karangan bunga mawar, semua bisa kamu pesan di Flower Chimp.

    Read more

  • 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mengirim Karangan Bunga

    Posted on by Varel Marentama

    Bunga seringkali menjadi media yang tepat untuk menyampaikan beragam pesan. Entah itu sebagai ungkapan kasih sayang, selamat, atau bahkan duka cita. Orang-orang beranggapan bahwa ada pesan yang mampu disampaikan melalui karangan bunga sehingga diberikan untuk mewakili ungkapan hatinya.

    Setiap jenis bunga memiliki pesan yang berbeda pula. Untuk itu kamu perlu berhati-hati sebelum memilih dan mengirim karangan bunga. Jangan sampai menyampaikan pesan yang salah hanya karena salah memilih jenis bunga. Guna membantumu, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim karangan bunga.

    Perhatikan situasi dan kondisi

    Poin ini merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan sebelum mengirim karangan bunga. Setiap situasi dan kondisi tentu memiliki ketentuan masing-masing. Contohnya, situasi berduka tentu saja tidak sama dengan situasi bahagia, seperti pernikahan. Supaya kamu tidak menyinggung perasaan orang yang mendapat kiriman bunga, poin ini perlu dipikirkan baik-baik.

    Saat kamu ingin mengirimkan karangan bunga duka cita, pastikan keluarga yang tengah berduka memang berkenan menerima karangan bunga. Pemilihan bunganya pun berbeda, untuk suasana duka biasanya bunga bernuansa putih yang dipilih. Sementara untuk menyampaikan rasa cinta dan kasih sayang, bunga-bunga berwarna merah atau merah muda lebih lazim digunakan.

    Pertimbangkan durasi pengiriman

    Kamu juga perlu mempertimbangkan durasi pengiriman. Tujuannya tak lain adalah supaya mendapatkan momen yang pas. Tentu akan aneh jika kamu mengirimkan karangan bunga ucapan Selamat Natal namun kiriman tersebut justru datang beberapa hari setelah hari Natal. Untuk itu, kamu perlu menanyakan perihal durasi ini kepada pihak pengiriman.

    Pastikan bunga yang kamu pesan bisa dikirim tepat waktu. Kamu juga harus memastikan bahwa karangan bunga pesananmu menggunakan bunga dan hiasan yang masih fresh sehingga sampai di lokasi kiriman tersebut masih tampak indah. Konsultasikan dengan pihak pembuat dan pengirim karangan bunga supaya karangan bungamu datang tepat waktu, ya!

    Periksa tujuan pengiriman

    Tanpa adanya tujuan pengiriman yang jelas karangan bunga pesananmu tidak akan sampai ke tujuan. Untuk itu, pastikan untuk menuliskan alamat tujuan pengiriam dengan jelas. Terlebih jika kamu memesan karangan bunga dengan tujuan luar kota. Tidak hanya akan memudahkan pihak pengirim, dengan menulis tujuan yang jelas kamu juga akan menghemat waktu.

    Selain menuliskan alamat tujuan yang jelas, kamu juga perlu memperhatikan lokasi yang menjadi tujuan. Misalnya kamu ingin memberi karangan bunga untuk teman yang sedang dirawat di rumah sakit. Pastikan rumah sakit tempat temanmu dirawat memang memperbolehkan kiriman bunga untuk pasiennya sebelum mengirim bunga. Dengan demikian kamu akan menghindari resiko bunga ditolak pihak rumah sakit.

    4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mengirim Karangan Bunga

    Pilih tema yang sesuai

    Tiap-tiap karangan bunga memiliki tema yang berbeda-beda. Tema karangan bunga untuk ucapan duka cita akan berbeda dengan karangan bunga ucapan selamat. Begitu pula karangan bunga untuk hari ulang tahun tentu akan berbeda dengan karangan bunga untuk lamaran. Untuk itu kamu perlu memilih tema yang sesuai.

    Biasanya pihak pembuat karangan bunga akan menanyakan desain yang kamu inginkan. Jika masih ragu, ungkapkanlah tujuanmu. Pembuat karangan bunga akan segera mengetahui karangan bunga seperti apakah yang tepat untukmu, Kamu juga bisa mencari referensi di internet untuk hasil yang berbeda dari yang lain.

    Nah itulah tadi 4 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengirim karangan bunga. Semoga dengan panduan ini kamu tidak salah saat akan memesan karangan bunga. Bingung harus memesan karangan bunga di mana? Serahkan pada Flower Chimp! Dengan ragam pilihan yang variatif serta jangkauan luas, kami pastikan karangan bunga pesananmu sesuai dengan tiap momen yang ada!

                                                   

    Read more

  • Cara Merawat Bunga Matahari agar Cepat Berbunga

    Posted on by Varel Marentama

    Helianthus atau lebih sering dikenal sebagai bunga matahari merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan hiasan. Bunganya berwarna kuning cerah dan sangat indah, sehingga cocok dijadikan penghias tambahan untuk kebun atau taman. Belum lagi bunga matahari pun mampu beradaptasi dengan baik pada iklim tropis Indonesia.

    Keindahan tanaman ini akan kurang terlihat jika bunganya belum mekar. Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat bunga matahari yang tepat agar cepat berbunga. Tak perlu khawatir bunga matahari kesayanganmu layu, berikut tips untuk merawat bunga matahari agar bunganya cepat mekar.

    Memilih benih yang tepat

    Sama seperti kebanyakan tanaman lainnya, langkah pertama merawat bunga matahari dimulai dari pemilihan benih. Untuk bunga matahari, benih bisa didapat dari bijinya. Kamu bisa mendapatkannya di toko khusus berkebun atau bercocok tanam. Bahkan untuk lebih praktisnya, kamu bisa membeli secara online lewat situs e-commerce atau online shop.

    Satu hal yang perlu diketahui, bunga matahari memiiki beberapa varietas. Peneglompokan jenis bunga matahari ini tergantung pada ukuran tingginya atau warna bunga yang dihasilkan. Untuk warna kuning yang cerah ada jenis Evening Sun. Jika kamu lebih suka bunga matahari yang tinggi dan besar ada jenis Mammoth Grey.

    Mempersiapkan media tanam

    Supaya tanaman bunga matahari bisa cepat menghasilkan bunga kamu perlu memperhatikan media tanamnya. Hal ini tidak boleh luput dari perhatian karena media tanam inilah yang nantinya menjadi tempat hidup bunga matahari. Pastikan kamu mengikuti prosedur yang tepat saat mempersiapkan media tanam supaya bunga matahari lekas mekar.

    Pilihlah tanah yang gembur sebagai media tanam. Jenis tanah yang seperti ini mudah menyerap air untuk nutrisi bunga matahari. Hindari meletakkan bunga matahari di dalam ruangan karena bisa menghambat proses fotosintesis dan penyerapan sinar matahari. Setelah media tanam siap, segera tanamkan benih. Jangan memendam keseluruhan benih, biarkan bagian ujung benih yang lancip tetap berada di permukaan guna memudahkan pertumbuhan tanaman.

    bunga matahari

    Memperhatikan lingkungan tempat penyemaian

    Kondisi di sekitar tanaman juga akan mempengaruhi seberapa cepat bunga matahari mekar. Kamuperlu memperhatikan temperatur udara, pengairan, dan tentunya sinar matahari. Temperatur udara yang tepat adalah minimal 25 °C. Dengan temperatur yang tepat maka tunas akan lebih cepat muncul.

    Sedangkan untuk pengairan tanaman, kamu perlu melakukannya dua kali sehari. Ini karena bunga matahari termasuk salah satu jenis tanaman yang sangat membutuhkan air untuk bertumbuh. Untuk sinar matahari sendiri, pastikan tanaman terkena sinar selama setidaknya 6 jam per harinya guna mempertahankan suhu normal.

    Melindungi tunas yang muncul

    Kurang lebih empat hari setelah kamu menyemai benih seharusnya tunas sudah mulai muncul. Tunas bunga matahari tergolong rentan karena bisa menarik hewan seperti tikus untuk merusaknya. Supaya tanaman bunga mataharimu tidak rusak karena hewan atau hujan, lindungi bagian tunas dengan menggunakan botol plastik.

    Menutrisi bunga matahari

    Sama seperti tubuh manusia, bunga matahari pun butuh nutrisi untuk bisa tumbuh optimal. Bagaimana supaya tanaman ini mendapatkan nutrisi yang optimal? Berikanlah pupuk yang tepat seperti pupuk organik (pupuk kandang) atau pupuk NPK. Kamu perlu memperhatikan petunjuk penggunaan supaya nutrisi dari pupuk bisa terserap bunga matahari dengan baik.

    Menyiangi dan memilih kuntum bunga

    Pada umumnya tiga bulan setelah benih ditanam, kamu sudah bisa mendapatkan kuntum yang menjadi bakal bunga matahari. Dalam satu bunga akan terdapat beberapa kuntum sekaligus. Kamu perlu memperhatikan kuntum bunga yang bisa tumbuh dengan baik. Begitu menemukan kuntum yang sehat, pangkaslah sisa kuntum. Tujuannya adalah supaya kuntum yang telah dipilih mendapatkan nutrisi maksimal sehingga lebih cepat berbunga.

     

    Dengan mengikuti keenam cara di atas, kamu pasti bisa mendapatkan bunga matahari yang bisa terus berbunga. Apabila menginginkan bunga cantik ini untuk diberikan kepada orang terkasih, Kamu bisa menggunakan layanan pengiriman dari Flower Chimp. Dengan proses yang cepat dan mudah, ungkapan perasaanmu pun akan segera tersampaikan.

    Read more

  • 5 Fakta Unik Tentang Bunga Mawar yang Perlu Kamu Ketahui

    Posted on by Varel Marentama

    Mawar menjadi salah satu bunga yang sering dijadikan buket dan diberikan kepada seseorang sebagai ungkapan perasaan. Bunga mawar bisa dijadikan sebuah lambang kebahagiaan sekaligus kesedihan. Sudahkah kamu tahu fakta unik tentang bunga berduri ini?

    Bunga nasional di beberapa negara

    Karena memiliki banyak jenis, bunga mawar dijadikan sebagai bunga nasional untuk beberapa negara di dunia. Misalnya saja Inggris yang menjadikan mawar jenis tudor sebagai bunga nasionalnya. Mawar juga sekaligus menjadi lambing dari dua kubu yang berperang dalam War of the Roses yang terjadi di Inggris pada tahun 1455 hingga 1485. Mawar merah adalah lambang kubu Lancaster, sedangkan mawar putih untuk kubu Yorkshire. New York, Georgia, North Dakota, dan Lowa juga menjadikan mawar bunga nasionalnya.

    Spesies mawar dengan empat kelopak

    Dari seratus lebih spesies bunga mawar yang ada dunia, hampir semua memiliki lima kelopak. Tapi, ada satu jenis bunga mawar dengan hanya empat kelopak saja, yaitu spesies Rosa sericea. Karena perbedaan jumlah kelopaknya inilah yang membuat Rosa sericea tidak terlihat seperti mawar. Spesies mawar empat kelopak merupakan endemik di Nepal, Bhutan, India, Myanmar dan Tiongkok. Jadi, kalau ingin melihat secara langsung, kamu bisa menuju negara tersebut.

    Mawar bisa menghasilkan buah

    Fakta unik yang satu ini pasti membuatmu terkejut. Bunga mawar yang selama ini terkenal karena keindahannya ternyata bisa menghasilkan buah. Buah dari mawar disebut dengan rose hips atau rose haws. Bentuknya mirip seperti beri dengan warna merah, ungu tua, atau bahkan hitam. Vitamin C dalam buah yang dihasilkan tanaman cukup tinggi sehingga tak jarang diolah menjadi jeli, selai, dan dikeringkan untuk teh.

    Mawar menyimpan pesan tersendiri pada tiap warnanya

    Dalam dunia florist, tiap warna mawar memang memiliki arti yang berbeda-beda. Itulah mengapa biasanya kamu ditanya untuk siapa mawar akan diberikan. Mawar kuning memiliki arti pertemanan dan kegembiraan. Bisa untuk mengungkapkan kebahagian atas suatu pencapaian atau menghibur yang sedang bersedih. Merah mudah memberikan kesan kebahagiaan dan kekaguman. Sedangkan mawar merah, apalagi kalau bukan melambangkan cinta. Kamu bisa mengungkapkan cintamu pada seseorang dengan mawar merah.

    Sebagai tanda permintaan maaf kepada orang, bisa direpresentasikan melalui mawar putih. Hampir sama dengan mawar merah, mawar ungu adalah simbol cinta pada pandangan pertama. Mawar warna champagne menunjukkan kecantikan abadi. Jadi, jangan salah lagi memilih warna bunga mawar, ya!

    mawar toko bunga

    Makna jumlah tangkai bunga mawar

    Tak hanya warna, jumlah tangkai bunga mawar dalam satu buket, mengungkapkan pesan yang berbeda-beda. Umumnya jumlah tangkai ini dimaksudkan untuk mengatakan pesan secara personal kepada orang yang dituju. Saat mendapat kiriman bunga warna, boleh lho iseng-iseng menghitung jumlah tangkainya. Siapa tahu, itu merupakan pesan rahasia.

    Satu tangkai mawar memiliki arti bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dicinta. Tiga tangkai mawar menyatakan “aku cinta kamu”. Tiga belas mawar mengatakan “aku pemuja rahasiamu”. Lima belas tangkai bunga mawar mengirimkan pesan penyesalan dan kata maaf.

    Buat kamu yang sedang mencari buket bunga mawar untuk segala acara mulai dari ulang tahun, pernikahan, wisuda, bisa kunjungi langsung Flower Chimp melalui websitenya www.flowerchimp.co.id. Jaminan bunga segar, dirangkai oleh florist terbaik. Dapatkan promo pengiriman di hari yang sama dengan pemesanan sebelum jam 1 siang setiap Senin hingga Sabtu.

     

     

    Read more